Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Gejala kanker serviks stadium awal sulit untuk dikenali karena sering kali tidak menimbulkan gejala yang disignifikan, gejala kanker serviks baru muncul dan dirasakan jika sel kanker sudah menyebar ke jaringan di sekitarnya.

Dan inilah yang perlu diwaspadai dan dikenali sehingga jika anda mengalami atau menemukan pada orang terdekat anda maka bisa melakukan penangan dan pengobatan yang cepat dan tepat sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi bisa dihindari.

Hal inilah yang menjadi pesan kami untuk anda para wanita indonesia utamanya bagi anda wanita yang memiliki resiko tinggi terkena kanker serviks.

Gejala Kanker Serviks

Gejala Kanker Serviks Yang Perlu Diwaspadai

Kanker serviks adalah kondisi dimana adanya pertumbuhan sel secara berlebih ( abnormal ) pada leher rahim yaitu penghubung antara rahim dan mrs.v pada wanita.

Penyebab utama dari munculnya penyakit kanker serviks adalah Human papillomavirus atau HPV yakni salah satu penyakit menular seksual ( PMS ) yang biasa ditularkan melalui kontak langsung dari kulit ke kulit didaerah genital.

Itulah sebabnya mengapa wanita yang aktif secara seksual sangat rentan terkena penyakit kanker serviks.

Di Indonesia angka kematian akibat penyakit kanker serviks sangatlah tinggi bahkan kanker serviks menduduki urutan teratasi sebagai penyebab kematian akibat kanker.

Penyebabnya adalah ketidak mampuan penderita mengenal gejala kanker serviks sehingga terlambat ditangani, dimana penyakit sudah parah sehingga sulit untuk disembuhkan.

Padahal jika penyakit kanker serviks mampu dideteksi secara dini maka proses penyembuhan jauh lebih mudah dan peluang untuk bisa sembuh lebih besar apabila dibandingkan dengan pengobatan kanker serviks yang sudah parah.

Disinilah pentingnya mengetahui ciri atau gejala kanker serviks, meskipun seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa gejala kanker serviks stadium awal sulit untuk dikenali bahkan mungkin tidak ada.

Gejala baru muncul jika sel kanker sudah menyebar ke organ disekitarnya atau yang dalam istilah medis disebut dengan gejala pra kanker, gejala inilah yang perlu diwaspadai dan segera diatasi jika anda atau orang terdekat anda mengalami.

Berikut ini adalah beberapa gejala kanker serviks yang perlu diwaspadai, yakni :

  • Perdarahan yang tidak wajar dari vagina. Misalnya perdarahan padahal Anda tidak sedang haid, menstruasi yang lebih panjang, perdarahan setelah atau saat berhubungan seks, setelah menopause, setelah buang air besar, atau setelah pemeriksaan panggul.
  • Siklus menstruasi jadi tidak teratur.
  • Nyeri pada panggul (di perut bagian bawah).
  • Nyeri saat berhubungan seks atau berhubungan seks.
  • Nyeri di pinggang (punggung bawah) atau kaki.
  • Badan lemas dan mudah lelah.
  • Berat badan menurun padahal tidak sedang diet.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Cairan vagina yang tidak normal, seperti berbau menyengat atau disertai darah.
  • Salah satu kaki membengkak.

Ketika penderita kanker serviks sudah mengalami gangguan nyeri panggul, kesulitan buang air kecil maupun besar, penurunan berat badan, tubuh terasa lemah, hingga pembengkakan salah satu atau kedua kaki itu menandakan penyakit kanker serviks yang diderita sudah masuk kategori berat sehingga harus segera ditangani secara intensif.

Segera temui dokter guna melakukan pemeriksaan secara mendalam jika saat ini anda mengalami keluhan dan gejala tersebut utamanya bagi anda yang aktif secara seksual.

Kondisi tersebut merupakan tanda atau gejala kanker serviks sehingga kemungkinan anda terserang atau mengidap penyakit mematikan tersebut.

Penanganan dan pengobatan kanker serviks yang cepat dan tepat ikut menentukan nasib anda sehingga jangan tunggu lagi segera periksaan diri kepada dokter jika anda mengalami gejala atau keluhan yang kami sebutkan diatas.

Demikianlah informasi singkat tentang gejala kanker serviks ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel sederhana kami bermanfaat !

Bagi anda yang memiliki resiko terkena penyakit kanker serviks jangan menunggu hingga gejala menunggu hingga gejala kanker serviks stadium awal muncul, segera lakukan pap smear secara rutin dan lakukan vaksinasi kanker serviks secara berkala.

Sumber materi :
http://www.alodokter.com/gejala-kanker-serviks-stadium-awal-dan-pencegahannya

Baca Juga :

Cara Mengobati Kanker Serviks Secara Alami

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *