Haid Tak Teratur Gejala Kanker Rahim

Banyak yang beranggapan haid tak teratur gejala kanker rahim ? padahal kondisi tersebut tidak selalu karena kanker serviks ada kondisi lain yang bisa menyebabkan hair tak teratur selain kanker serviks, apa saja hal tersebut ? berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak !

Haid Tak Teratur Gejala Kanker Rahim

Haid atau menstruasi adalah kejaadian alamiah dan lumrah terjadi pada wanita setiap bulannya, dimana normalnya menstruasi akan berlangsung dengan siklus 21-35 hari sehingga lama menstruasi sekitar 5-7 hari. Sementara itu jumlah darah yang dikeluarkan tidak akan melebihi 80ml

Jika seorang wanita mengalami menstruasi dengan volume darah yang ekstrim dan terjadi dalam rentan siklus lebih pendek atau lebih panjang maka wanita tersebut mengalami menstruasi yang tidak biasa.

Selain itu dalam keadaan normal menstruasi atau haid akan terjadi secara teratur, dan ada kalanya hadi yang tidak terjadi tak teratur, lalu benarkah haid tak teratur gejala kanker rahim ?

Kanker rahim atau serviks merupakan penyakit mematikan dan mengerikan sehingga sangat ditakuti oleh semua wanita di dunia.

Penyakit ini sering tidak menimbulkan gejala diawal kemunculannya sehingga sebagian besar penderita kanker serviks menemui dokter dengan penyakit sudah sampai stadium lanjut sehingga sulit untuk disembuhkan. ( Baca : Gejala Kanker Rahim )

Benarkah Haid Tak Teratur Gejala Kanker Rahim ?

Haid tak teratur merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh penderita kanker serviks sehingga timbullah kesimpulan bahwa haid tak teratur gejala kanker rahim, padahal tidak semua haid tak teratur kanker serviks, ada kondisi medis lain yang bisa menyebabkan kondisi tersebut.

Salah satunya adalah wanita yang mengalami kelelahan dan stres bisa mengalami menstruasi yang tak teratur. Lalu bagaimana jika haid tidak teratur terjadi dalam jangka panjang ?

Berikut adalah beberapa penyebab haid tak teratur jangka panjang yang terjadi pada wanita, yakni :

1). Polycystic Ovaries (PCO)

Polycystic Ovaries (PCO) adalah kondisi dimana tumbuhnya kista dalam jumlah yang lebih dari satu berukuran kecil yang menyebabkan wanita yang menderitanya mengalami gangguan kesuburan sehingga sulit untuk hamil.

Salah satu indikasi atau gejala yang umumnya dialami oleh wanita yang menderita penyakit ini adalah menstruasi jarang dan volume darah yang dikeluarkan sedikit.

Namun ada kalanya penderita juga mengalami haid dalam jangka waktu yang cukup lama yang disertai dengan pendarahan.

2). Tumor Atau Kista Ovarium

Salah satu jenis kista yang paling sering ditemukan kasusnya adalah kista ovarium, dimana salah satu tanda atau gejala dari penyakit ini adalah gangguan menstruasi.

Mulai dari haid tidak teratur hingga rasa sakit tak tertahankan yang timbul pada saat mengalami menstruasi yang menunjukan bahwa kista yang tumbuh sudah besar.

3). Kanker Serviks

Kanker rahim dapat diawali dengan siklus haid yang tidak teratur yakni jarang haid sementara itu jika kanker rahim sudah sampai pada stadium lanjut maka pada saat menstruasi mengalami pendarahan yang tak biasa yakni lebih banyak.

Selain haid yang tak teratur kanker rahim juga bisa menimbulkan keluhannya lainnya seperti munculnya benjolan di mulut rahim, nyeri panggul, nyeri saat berhubungan seksual hingga penurunan berat badan yang signifikan.

Mengingat ada kondisi medis lain yang bisa menyebabkan haid menjadi tak teratur maka tidak selamanya haid tak teratur gejala kanker rahim.

Jika saat ini anda sering mengalami haid tak teratur maka untuk memtasikan jika penyebabnya bukan kanker serviks maka sebaiknya anda melakukan serangkaian tes sebagai berikut :

  1. Test IVA ( Inpeksi Visual dengan Asam Asetat )
  2. Test Pap Smear
  3. Test LBC ( LIquid Based Cytology )
  4. Test HPV

Dengan melakukan berbagai serangkaian pemeriksaan tersebut maka dapat diketahui penyebab dari muncul haid yang tak teratur.

Demikianlah informasi singkat yang bisa kami berikan sebagai jawaban dari polemik haid tak teratur gejala kanker rahim, semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa dipahami, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat !

Sumber materi :
https://bidanku.com/

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *