Pencegahan Kanker Serviks Sejak Dini

Untuk anda para wanita inilah bagaimana pencegahan kanker serviks sejak dini yang bisa anda lakukan, mengingat jumlah penderita kanker serviks terus bertambah tiap tahunnya sehingga anda perlu waspada akan kanker yang menyerang leher rahim ini.

Pencegahan Kanker Serviks

mengobatikankerserviks.com – Kanker serviks merupakan penyakit yang perlu diwaspadai oleh semua wanita, sebab data menunjukan jumlah penderita kanker serviks terbanyak nomer 2 bagi wanita setelah kanker payudara.

Selain itu hasil skiring menunjukan penyakit mematikan ini ditemukan pada 1 dari 1.000 wanita.

Angka kematian wanita akibat kanker serviks menyentuh angka 80% yakni 30.400/tahun itu semua karena hampir sebagai besar yakni sekitar 70% hingga 82% penderita kanker serviks baru datang ke rumah sakit dengan kondisi stadium lanjut, hal tersebutlah yang menyebabkan angka kematian akibat kanker leher ini tinggi.

Salah satu faktor yang membuat banyaknya penderita kanker serviks baru datang ke rumah sakit dengan kondisi stadium lanjut adalah karena kanker serviks tidak menimbulkan gejala di awal pertumbuhannya sehingga sulit untuk dideteksi.

Gejala kanker serviks baru muncul jika kanker sudah mempengaruhi jaringan disekitarnya atau menyebar ke organ tubuh lainnya.

Nah, disinilah pentingnya anda wanita untuk melakukan pencegahan secara dini karena pepatah menyebutkan mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Salah satu bentuk pencegahan kanker serviks secara dini adalah dengan melakukan vaksinasi utamanya bagi anda wanita yang belum aktif  secara seksual ( seperti anak-anak dan remaja dibawah 17 tahun ), vaksin penting dilakukan untuk terhindari dari penyakit kanker serviks.

Vaksin akan lebih efektif jika diberikan pada gadis sebelum aktif secara seksual.

Hal tersebut diperkuat dengan data yang dikeluarkan di swedia dimana bila vaksinasi diberikan di usia kurang dari 17 tahun, efikasinya lebih dari 75%.

Kapan Vaksin Dini Diberikan ?

Nah mengingat vaksin lebih efektif jika diberikan kepada wanita yang belum aktif seksual maka langkah paling bijak untuk melakukan vaksin kanker seviks adalah di usia sekolah dasar yakni pertama saat masih kelas 5 SD dan kedua saat kelas 6 SD.

Apakah Pemberian Vaksin Dini Aman Dilakukan ?

Berbicara mengenai keamanan maka anda tidak perlu mengkhawatirkannya karena sejauh ini tidak ada laporan atau keluhan efek samping setelah seseorang melakukan vaksinasi, kecuali bengkak/nyeri pada bekas suntikan.

Tentang keamanan dari vaksi ini juga telah dilakukan penelitian ilmiah dan hasilnya tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

Jika timbul efek samping pasca vaksinasi maka besar kemungkinan vaksin yang digunakan palsu, untuk itu sebaiknya anda mengikuti vaksin yang dicanangkan oleh pemerintah meskipun gratis tapi vaksin yang digunakan berkualitas karena dibeli oleh anggaran dari Kemenkes.

Selanjutnya pencegahan kanker serviks yang bisa dilakukan adalah melakukan Screening atau pap smear secara rutin utamanya bagi anda wanita yang telah aktif secara seksual.

Screening atau pap smear adalah metode yang biasa dilalukan oleh dokter untuk mendeteksi sel-sel yang berpotensi menjadi kanker namun tes ini bukanlah tes untuk kanker, tes ini hanya berguna untuk memeriksa kesehatan sel-sel pada leher rahim.

Wanita yang pernah berhubungan seks dan terutama sudah berusia 25-49 tahun, disarankan untuk melakukan tes tiap tiga tahun sekali. Untuk wanita usia 50-64 tahun, disarankan melakukan tes lima tahun sekali.

Beberapa hal yang tak kalah penting untuk dilakukan sebagai pencegahan kanker adalah berhubungan seks dengan aman, setia pada pasangan dan berhenti merokok jika anda wanita perokok aktif.

Karena merokok dapat menyebabkan infeksi HPV sulit untuk dihilangkan dari tubuh dimana virus HPV adalah penyebab kanker serviks yang paling utama.

Demikianlah informasi tentang pencegahan kanker serviks sejak dini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat, mari budayakan berbagi tentang hal yang bermanfaat mulai dari sekarang karena itu adalah salah satu bentuk kepedulian kita kepada sesama, salam sehat !

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *