Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita Yang Belum Menikah

Penyebab kanker serviks pada wanita yang umum adalah Human papillomavirus ( HPV ), namun disamping itu ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko wanita terkena kanker serviks utamanya bagi anda yang belum menikah.

Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks adalah penyakit pembunuh nomer satu akibat kanker di indonesia sehingga dikategorikan sebagai penyakit berbahaya utamanya pada wanita, untuk itu penting bagi anda para wanita mengetahui dan mencari tahu tentang hal yang berkaitan dengan kanker serviks seperti gejala kanker serviks dan penyebab kanker seviks yang menjadi pembahasan admin kali ini.

Kanker serviks adalah kondisi dimana adanya pertumbah sel secara abnormal didalam leher rahim yakni organ dalam sistem reproduksi wanita yang memiliki fungsi sebagai penghubung vagina dan rahim.

Pertumbuhan sel abnormal yang terjadi secara terus menus akan membentuk tumor ganas ( kanker ) disekitar leher rahim yang lama kelamaan sel kanker akan menyerang jaringan disekiranya hingga melepaskan diri dari lokasi awal dan menyebar ke bagian organ tubuh lainnya, proses tersebut disebut dengan metastasis.

Jika hal tersebut terjadi barulah gejala atau keluhan akan muncul dan dirasakan oleh wanita yang terkena penyakit kanker serviks.

Penyebab kanker serviks yang paling utama adalah HPV ( Human papillomavirus ) yang tersebar melalui kontak langsung antara kulit kelamin, membran mukosa, atau pertukaran cairan tubuh, dan melalui seks oral.

Human papillomavirus ( HPV ) adalah virus yang dapat menyebabkan tumbuhnya kutil kelamin diberbagai bagian tubuh. Virus ini hidup pada sel-sel kulit dan memiliki lebih dari 100 jenis yang terdiri dari 60 jenis penyebab kutil biasa ( seperti : kutil kaki dan tangan ) dan 40 jenis penyebab kutil kelamin.

Dari 40 jenis HPV penyebab kutil kelamin ini ada beberapa jenis virus HPV yang bisa memicu timbulnya kanker serviks pada wanita, dan yang paling terkenal adalah HPV 16 dan HPV 18 mengingat sebagian besar kasus kanker serviks disebabkan oleh kedua jenis HPV tersebut.

Hasil berbagai study dan penelitian menyebutkan bahwa HPV 16 dan HPV 18 mengandung materi genetik yang bisa dipindahkan dari sel virus ke dalam sel leher rahim, material tersebut dapat mengganggu kinerja sel normal hingga akhirnya sel-sel serviks bekembang tak terkendali.

Proses inilah yang menyebabkan munculnya tumor dan kemudian berubah menjadi kanker. Waktu yang diperlukan dari sel sehat ke sel prakanker dan akhirnya sel kanker sangtlah lama yakni 10-20 tahun.

Selain HPV ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kanker serviks pada wanita, yakni :

  • Aktivitas seksual terlalu dini: Melakukan hubungan seksual pada umur terlalu dini akan meningkatkan risiko terinfeksi HPV.
  • Berganti-ganti pasangan seksual: Memiliki banyak pasangan seksual akan meningkatkan risiko terinfeksi HPV.
  • Merokok: Wanita yang merokok berisiko dua kali lipat. Ini mungkin disebabkan oleh bahan kimia berbahaya dari tembakau yang muncul di leher rahim.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah: Kondisi ini mungkin dikarenakan mengonsumsi obat tertentu seperti imunosupresan. Obat ini digunakan agar tubuh tidak menolak donor organ dari orang lain atau karena menderita HIV/AIDS.
  • Melahirkan anak: Makin banyak anak yang dilahirkan seorang wanita, maka risiko mengidap kanker serviks semakin tinggi. Wanita yang punya tiga anak, tiga kali lebih berisiko terkena kanker serviks daripada wanita yang tidak punya anak sama sekali. Diperkirakan bahwa perubahan hormon saat sedang hamil membuat leher rahim lebih rentan terserang HPV.
  • Minum pil kontrasepsi atau KB lebih dari lima tahun: Mengonsumsi pil KB cukup lama akan meningkatkan risiko dua kali lipat mengalami kanker serviks. Meski hal ini masih belum jelas alasannya.

Itulah penyebab kanker serviks pada wanita yang belum menikah, semoga bisa dipahami dan menambah wawasan anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami.

Jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel sederhana kami bermanfaat, dan semoga apa yang anda lakukan menjadi kebaikan bagi anda dan orang lain, yuk budayakan berbagi mulai dari sekarang !!!

Sumber materi :
http://www.alodokter.com/kanker-serviks/penyebab

Baca Juga :

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *